SMART!!!!!! KUNCI SUKSES SETIAP ORANG

August 21, 2013 at 7:41 pm | Posted in Arts, Filosofies, Pilihan Hidup | Leave a comment
Tags:

Setiap awal perkuliahan, terutama mahasiswa-mahasiswa baru saya di STIKI INDONESIA, saya selalu bertanya What is your goal? what is your achievement?

Suatu pertanyaan mendasar yang seharusnya sudah ada didalam tiap orang, apalagi mahasiswa. Akan tetapi, sebagian besar menjawab suatu pencapaian yang tidak fokus, yang seakan-akan tidak ada tujuan. Misalnya, ada yang menjawab I want to be a success person. I want to make my parents happy, or even I want to be a rich man. Bagi saya, semua pencapaian yang mereka ungkapkan adalah pencapaian dari orang-orang yang sebenarnya tidak mempunyai tujuan yang jelas, tanpa adanya visi dan misi kedepan. Dan…. sulit dibayangkan, mau apa jadinya nanti.kunci sukses

Dari fenomena itu saya menjadi sangat prihatin, dan selalu mengarahkan mereka untuk men-design diri mereka, meng-exprolasi apa sebenarnya yang mereka mau lakukan dikemudian hari. Kemudian saya juga teri-inspirasi dari Om Deddy Corbuzer, host Hitam Putih, yang pernah mengupas tentang fenomena ini. Menurut beliau, untuk menjadi sukses tidak cukup hanya pintar, tidak cukup hanya rajin, ataupun tekun bekerja. Akan tetapi satu kunci sukses adalah SMART. It means:

S       Specific. Artinya kita harus specsifik dalam menentukan apa yang mau kita lakukan, mengarahkan kemana layar mau kita bawa.

M    Measurable. Artinya apa yang kita inginkan itu bisa diukur. Misalnya berapa target kekayaan yang mau kita dapatkan lima tahun kemudian. Bukan hanya bilang sukses. Tapi dikur dengan apa?

A    Achievable. Artinya apa yang kita design, apa yang kita rencanakan merupakan sesuatu yang bener-bener bisa diraih secara logika. Nga mungkin kita berharap menjadi malaikan, atau dewa.

R   Realistic. Artinya apa yang kita inginkan merupakan sesuatu yang realistis, nyata, bukan hanya mimpi belaka. Misalnya tidak bersekolah, dan tidak punya pengalaman dipemerintahan jangan berharap untuk menjadi seorang President.

T   Time Limit. Yang terakhir adalah menentukan waktu pencapaian itu sendiri. Jadi ada deadline yang harus dicapai.

Itu pun akhirnya sering saya ceritakan untuk membangun motivasi mahasiswa.

Semoga bisa bermanfaat bagi yang lainnya……….

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: