TANTANGAN DALAM INDUSTRI PARIWISATA MODERN

January 31, 2012 at 8:21 am | Posted in agribisnis, Business | Leave a comment
Tags: ,
  1. Ciri dan tuntutan perkembangan pariwisata dunia yang modern dengan pemanfaatan teknologi baru.

Teknologi, saat ini merupakan sarana yang sangat vital di era saat ini. Teknologi bisa memberikan kemudahan, efisiensi dalam pengembangan bagi para wisatawan untuk melakukan kunjungan ke daerah wisata. Untuk bisa bersaing dalam pembangunan pariwisata dunia, maka penggunaan teknologi baru sangat diperlukan sebagai sarana vital sebagai konektor antara wisatawan dengan daerah tujuan wisatawan. Apabila tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi, maka kita akan sulit bersaing, terutama dalam bidang pemasaran pariwisata, atau marketing. Karna teknologi merupakan solusi informasi yang menjadi patokan bagi wisatawan dijaman sekarang. Misalnya internet, telephon, fax dan sebagainya.

  1. Ikut bersaing dalam industri modern pariwisata tentunya harus bisa menguasai perkembangan teknologi yang mendukungnya, selain menjaga kelestarian  dari objek wisata yang dipasarkan. Teknologi akan meringankan pekerjaan, misalnya hubungan jarak jauh antara pengusaha objek wisata dengan rekan kerja diluar negeri yang membawa wisatawan ke Bali. System marketing dengan menggunakan media teknologi baru, dan pekerjaan internal yang menggunakan teknologi bari, juga akan membuat efisiensi dan efektifitas dalam bekerja.
  2. Kepariwisataan Bali tidak akan bisa bersaing hanya dengan mengandalkan nilai-nilai ketradisionalannya. Akan tetapi, pemeliharaan dan perbaikan lingkungan merupakan hal utama yang harus dijaga untuk menjaga kelestarian lingkungan. Disamping itu, penggunaan teknologi baru sebagai sarana pendukung merupakan alat yang sangat penting dalam menjaga dan memasarkan pariwisata di Bali
  3. Dalam pembangunan industry pariwisata, akan ada nilai-nilai yang bertentangan dengan pariwisata budaya, antara lain;

–          Dari masyarakat yang gotong royong menjadi masyarakat individual

–          Kadang kala mencemari kesakralan dari tempat-tempat suci bali, ababila kurang terkontrol dalam pelaksanaannya

–          Pariwisata budaya membawa kehidupan masyarakat yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, lingkungan dan masyarakat. Sedangkan industry pariwisata membawa budaya kehidupan ekonomis global yang bersifat liberal dan persaingan bebas.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: