Penjajahan Modern (neo kolonialisme)

January 25, 2012 at 4:45 am | Posted in agribisnis, Business | 2 Comments
Tags:

Kalau dulu selama tiga setengah abad kita dijajah oleh Belanda, sekarang kita menjadi jajahan modern neo kolonialisme. Tentunya tujuan dari penjajahan adalah mengexploitasi sumber daya alam yang dimiliki suatu Negara, sehingga penjajahan dahulu pada zaman Belanda pada hakikatnya sama dengan penjajahan pada zaman modern sekarang. Dimana harga yang rendah dari sumber daya alam kita menjadi lahan yang dimanfaatkan oleh Negara maju untuk menguasai dan menjajah sumber daya alam kita yang sebenarnya memiliki nilai yang sangat mahal. Tentunya hal ini juga dipengaruhi oleh system pengupahan yang kita miliki begitu rendah. Sehingga Negara maju bisa leluasa menguasai sumber daya alam yang kita miliki. Seperti misalnya kita banyak melihat adanya property-properti misalnya villa, itu dimiliki oleh orang-orang dari Negara maju, khususnya di Bali. Tentu sangat menyedihkan dimana kita kaya dengan semua itu, akan tetapi kita tergisir dan hanya bisa menjadi penonton semua itu.

Akan tetapi, kesalahan tentu berada pada kita sendiri, dimana kita menjadi komunitas yang lambat dalam menguasai teknologi, sehingga kita yang menjadi objek exsploitasi. Untuk itu, kita masyarakat Indonesia harus bisa bangkit, dengan menyiapkan masyarakat yang mampu bersaing didunia global, seingga kita bisa bersaing dengan mereka, dari sisi teknologi, membenahi industry, meningkatkan devisa melalui perdagangan internasional, sehingga bisa menciptakan kelayakan pengupahan yang berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dari sisi pemerintah juga harus berbenah dengan meningkatkan kinerja dalam membenahi Negara, tidak mementingkan kepentingan sendiri, yang bermuara pada praktek KKN. Politik harus bisa dijalankan secara adil dan kuat, sehingga tidak ada masalah-masalah seperti kehilangan wilayah Indonesia yang di klaim oleh Negara tetangga. Selalu Aware akan menghasilkan pemerintahan dan kerakyatan yang sejahtera yang bisa bersaing didunia global.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. pemerintah sekarang lebih mirip dengan pewaris kolonialisme dalam kadar pewaris tekun,
    Kwik Kian Gie menyatakan,
    pemerintah tidak mensubsidi bahan bakar minyak
    (BBM) jenis premium untuk masyarakat yang
    harganya Rp 4.500.
    PENJAJAHAN MODERN Neokolonialisme-imperalisme + PENJAJAHAN STRUKTURAL NEO KOLONIALISME

    • pas banget tu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: