Dampak Undang – Undang Anti Pornografi dan Pornoaksi Terhadap dunia Seni di Indonesia

October 21, 2008 at 9:35 am | Posted in Undang-undang Pornografi dan Pornoaksi | 14 Comments
Tags: ,

Seperti kita bisa dengar bahwa pemerintah akan merealisasikan undang – undang pornografi dan pornoaksi di Indonesia. Hal ini menyebabkan pro dan kontra terhadap masyarakat Indonesia. Salah satu nya yang sering saya dengar adalah dari dunia seni. Para seniman tanah air memberikan protes tentang undang – undang ini. Hal ini disebabkan karna adanya ketidak bebasan dalam pencurahan seni itu sendiri. Itu bisa dilihat dari pasar – pasar seni yang berada di Indonesia, terutama di bali. Banyak kita lihat ada karia seni yang berwujud “Blugil“, misalnya patung ataupun lukisan.

Kalo misalnya sahabat blogger yang jadi seniman, gimana pendapatnya???????

14 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. klo saya menjadi seniman mahh… jadilah seniman yang mengikuti jalan menuju Syurga… dengan menjaga dan menciptakan karya seni yang senantiasa dalam Ridho Allah SWT…

    Makasi kunjungannya ke blog wewenk… mudah2an gak kapok2..😀

    Bisena’s Ans “Wah, begitu jernihnya…. :)”

  2. Dengan keberadaan undang-undang pornografi ini, sengaja maupun tidak sengaja akan membatasi ruang gerak seniman serta budaya yang telah ada di Indonesia


    Bisena’s Ans
    “Benar sekali mas…..”

  3. Untung saya bukan seniman, jadi ga perlu berkomentar…. He…he…
    Tapi, kalo saya seniman saya buat yang bagus2 ja. ga perlu yang aneh2 gitu…😀

    Bisena’s Ans “Hehehe. Maklum karna anda nga tau seni. Maaf pak cuma sengaja….”

  4. kalo ada hasil karya seni yang berwujud bugil, belum tentu pornografi

    bisena”s Ans “Betuuuuuuul”

  5. Bang Kumis suka banget ma pornoaksi…. bikin hidup lebih hidup…. wakakak..

    Bisena’s Ans “Wah, pantes sering tak lihat Bang kumis ber pornoaksi di tempat ramai”

  6. pemerintah tu seharusnya ngurusin hal2 yang lebih penting kayak kemiskinan, pendidikan, pengangguran, bukannya ngurusin hal2 aneh gini. kentara banget kalo pejabat2 negara ini ga punya otak semua!!!!!!!tolol!bego!!!!


    Bisena”s Ans
    “Iya bener, mereka emang kurang kerjaan. padahal banyak kerjaan lain yang harus mereka kerjaan”🙂

  7. kalau aku sih, mendingan ngurusin jualan komputer di a1 computer aja, kalau pornografi biar nilai sendiri-sendiri aja….,


    Bisena’s Ans
    “wah, bagus banget pendapatnya bli arsa. Yah, maju terus bisnisnya………:D”

  8. waaah para seniman harus lebih kreatif lagi nieh dalam berkreasi, biar ga kena sanksi, hehe😀


    Bisena’s Ans
    “Iya bener, harus cari inspirasi baru. Makasi ya, commentnya…………………..”

  9. Pokoknya jangan sampe RUU-APP disahkan………. Enak aja,para seniman bali mau dibatasi dalam berkarya…….. tul ga?

    Bisena’s Ans betul sekali. kenapa nga mereka gunakan tenaganya untuk mengentaskan kemiskinan atau mencerdaskan kehidupan bangsa”

  10. ada salah satu pasal yang menyatakan
    “kecuali itu berhubungan dengan seni, budaya dan agama diperbolehkan”

    ini yang menurut pemerintah memperbolehkan sesuatau “porno” dalam seni, karena jika di hubungkan dengan pasal pertama tentang arti pornografi, ada suku kata terakhir yang menyatakan “bertentangan dengan norma”

    TAPI

    masalahnya justru terletak disitu, orang akan berfikir bahwa seni itu porno, tapi diperbolehkan, sehingga di kecualikan.

    pengecualian ini tidak sesuai dengan makana UU dimaan semua itu terikat tanpa kecuali, ini yang menjadikan UU pornografi tak masuk akal.

    pengecualin yang jelas bisa berarti bahwa seni itu adalah “pornografi legal”

    bagi say itu konyol ???

    pendapat yang menyatakan UU tersebut untuk melindungi anak kecil kurang bsa saya terima, karena. ini seperti membenarkan tingkah polah orang tua yang “sok sibuk” sehingga tidak sempat menjaga anaknya, dan tanggung jawabnya diserahkan kepada negara seolah apa yang terjadi pada anak” adalah akibat keteledoran pemerintah, tapi sesungguhnya itu akibat para orang tua yang sibuk “mencari uang”.

    dah ah, dah capek……..

    Bisena’s Ans “Makasih ya mas, komentarnya.”

  11. Hmmm…
    Pasti masih ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk menghindar dari UU APP. Dimana celah itu??? Mari cari bersama-sama…

  12. satu kalimat buat pembuat UU APP dan pengikutnya

    “Bangsa ini bukan cuma keturunan Mbahmu!”

  13. menurut saya porno tidaknya suatu karya seni itu tergantung mainset dari orang yang melihatnya. tidak semua karya seni yang menggambarkan orang bugil itu adalah porno. sebab ada yang tidak menonjolkan ke-bugil-an dari karya seni itu (menonjolkan seni dari gambar itu) dan ada yang memeng sengaja dibuat porno.

  14. Lw sy jdi seniman,,,saya akan berpikir kritis dan menjadikan larangan tersebut sebagai sebuah tantangan agar kita lebih berpikir untuk membuat karya seni yang menarik dan tidak menimbulkan pornografi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: